Ceritaku Untukmu

20.09.00

Aku bercerita, tentang hidup yang seharusnya memang adalah yang seharusnya (entah engkau mengerti atau tidak, tapi kupilihkan kata-kata yang mudah bagimu). Kehidupan memang bukanlah seperti yang engkau ingin hidup itu terjadi padamu. akan tetapi bagaimana engkau membawa diri pada hidup itu. Karena hidup itulah ujian untukmu. Untuk menentukan engkau siapa dan bagaimana dirimu luar dan dalam (semoga engkau mengerti khiasan kataku).

Ini kisahku, salah satu kisah seumur hidupku. Akulah salah seorang yang terpilih di medan tugas ini. Di tanah Fafado. Bagian terkecil dari pulau Papua. Akulah salah seorang guru setahun mereka. Harapanku tak hanyalah menjadi guru, tentu saja, tapi juga bisa menjadi pendidik mereka (yang nantinya kurasakan amat susah tapi aku masih berusaha). setiap hari kupersiapkan diriku untuk mendekati mereka, bersahabat dengan cerita mereka juga ingin menjadi bagian dari sejarah hidup mereka. Tak peduli aku beda di hadapan mereka. Kulakukan karena aku ingin mereka bisa kuraih, kupandu dan kububuhi harapan dan cita-cita seperti yang anak-anak di kota itu miliki. Ya, susah memang tapi toh batu pun akan berlubang jika air tubah itu selalu bersabar menyapanya. Apatah lagi mereka, manusia, makhluk tertinggi, ada akalnya juga hati. Tentulah mudah diselami.  
Akan kuceritakan kepadamu tentang semua cerita yang terlukis di pulau berhutan ini. Semua yang membuatku terkesan, putus asa, bimbang hingga kekaguman pada diri sendiri.

*****to be continued****

You Might Also Like

0 comments

Blogger news